Senin, 12 Januari 2015

Attila The Hun

Atilla adalah seorang raja dinasti Hun, yaitu kekaisaran terbesar di Eropa pada masa itu. Dia merupakan seorang legenda dalam sejarah Eropa. Ada dua pendapat berbeda mengenai Attila, sebgian Eropa menganggapnya sebagai lambang kerakusan dan kekejaman, sebagian lagi menganggapnya sebagai raja agung yang bangsawan.

Attila merupakan salahsatu kaisar yang paling ditakuti kekaisaran Romawi. Dia dijuluki sebagai “flagella dei” yang berarti Cambuk Tuhan dalam bahasa Latin. Dia memperluas kawasan dinasti Hun hingga Romawi Timur, dan sebagian Italia Utara tetapi tidak pernah sampai ke Roma dan ibukota Konstantinopel.

Dia dilahirkan dari keturunan suku Huns Eropa, yaitu suatu kaum pengembara dari timur laut Tiongkok dan Asia Tengah. Suku Hun dikenal dengan kebudayaannya yang kuat dan ketangguhan mereka menumpas musuh – musuhnya. Kekaisaran mereka meliputi padang – padang rumput di Asia Tengah hingga kawasan Jerman sekarang.

Lahir di Pannonia (sekarang Transdanube, Hungaria) sekitar tahun 406, Attila pada tahun 434 mendapatkan tahta Hun bersama saudaranya Bleda setalah kematian raja sebelumnya yaitu Rua. Attila akhirnya menjadi raja setelah saudaranya meninggal pada tahun 445.

Selama menjadi raja, Attila dikenal sebagai raja yang adil karena berhasil menyatukan suku – suku pada dinasti Hun. Tetapi dia juga dekanal sebagai pemimpin yang agresif dan kejam, karena dia menyerang Kekaisaran Romawi Timur dan menghancurkan kawasan Laut Hitam hingga Mediterania.

Selama masa kekuasaannya, Attila menjadi musuh terbesar Romawi Timur dan Barat. Dia pernah menyerang Balkan sebanyak dua kali dan mengepung Konstaninopel pada penyerangan kedua. Dia gagal dalam penyerangannya ke ibukota Konstantinopel dan dipukul mundur karena dinding berlapis dan pasukan yang kebanyakan berkuda.

Pada tahun 451, dia berhasil mengumpulkan pasukan sebanyak 500.000 orang untuk menyerang Roman Gaul (sekarang Perancis). Dia pun menghadapi pasukan Romawi yang sudah bersatu dengan Visigoth. Perang ini disebut Perang Chalons. Dalam perang ini Attila berhasil dipukul mundur. Perang ini merupakan pertanda melemahnya kekuatan dinasti Hun dan menjadi awal dari “Middle Age” atau abad pertengahan.

Pada tahun 452 dia menyerbu Italia, tetapi gagal memasuki Roma. Dan ia pun meninggal setahun setelahnya, sebelum dapat menyerang kembali Roma. Dengan sepeninggalnya Attila kerajaan Hun pun terpecah belah dan menjadi akhir bagi riwayatnya dan juga akhir bagi dinastinya.




(Terinspirasi dari Total War: Attila)
By : Admin
Categories:

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas - DrmCD
    A look at 구리 출장안마 the Wynn Las Vegas. From the stylish rooms and suites, to the award-winning restaurants, the 나주 출장샵 rooms to 경기도 출장마사지 the impressive shops and 대전광역 출장안마 impressive entertainment 군산 출장샵

    BalasHapus