Selasa, 03 Maret 2015

Kerajaan Masa Hindu-Budha


Ada berbagai macam kerajaan pada masa hindu-budha, diantaranya kerajaan Kutai,  Melayu, Sriwijaya, Mataram Kuno, Singasari Sunda, dan Majapahit. Pada kerajaan – kerajaan tersebut pastinya memiliki latar belakang yang berbeda – beda, dari sebab berdirinya, kehidupan sosialnya kehidupan politiknya, dan lain – lain.

Dari berbagai macam kerajaan tersebut, kerajaan yang paling saya sukai adalah kerajaan Sunda atau kerajaan Padjajaran. Dikarenakan kerajaan yang bekas daerah kerajaan Tarumanegara ini menjadi salahsatu kerajaan terbesar karena kesuksesannya dalam menyejahterakan rakyat dan menaklukkan kerajaan terbesar yaitu kerajaan Majapahit.

Faktor pendukung lainnya adalah karena masa kekuasaan kerajaan Sunda yaitu dari tahun 1030 - 1579 M. ditambah dengan daerah kekuasaannya yang meliputi Jawa Barat, dan Banten, menunjukkan kehebatan kerajaan Padjajaran. Pada kerajaan Padjajaran juga terjadi masuknya agama Islam ke kerajaan ini.

Meski akhirnya kerajaan ini runtuh setelah menghadapi beberapa serangan dari Sultan Hasanuddin ke Pakuan, dan berhasil merebutnya dan kemudian pusat kekuasaan dipindahkan ke Pandeglang, lalu serangan Kesultanan Banten ke Pandeglang dibawah pimpinan Maulana Yusuf.Dan akhirnya singahsana kerajaan Padjajaran yang bernama Palangka Sriman Siwarcana pun terebut dan dibawa ke keraton Surosowan, Banten.

Singgahsana  Padjajaran diboyong ke Banten karena tradisi politik agar di Pakuan Padjajaran tidak dimungkinkan lagi penobatan raja baru, dan menandakan Maulana Yusuf adalah penerus kekuasaan Sunda yang sah karena buyut perempuannya adalah puteri Sri Baduga Maharaja, raja kerajaan Sunda.

Ibrah yang dapat kita ambil dari kerajaan ini adalah kita harus selalu pantang menyerah. Sebagai pelajar kita tidak harus berperang, bisa saja dilakukan dengan belajar yang giat, atau membuat inovasi – inovasi yang baik untuk kemajuan hidup manusia. Seperti yang terjadi pada kerajaan Padjajaran, meski diserang berkali – kali, mereka pantang menyerah dan memindahkan pusat kerajaannya.

-END
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar